Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Parah pada Wanita

Rontok, oh rontok, kenapa rambutku bisa rontok seperti ini? Aduh, bagaimana ya cara mengatasinya. Tolong bantu ya.
Penyebab-Rambut-Rontok-Berlebihan-Parah-Wanita

Apa yang menyebabkan rambut rontok pada wanita dan cara mengatasinya

Kenapa rambut sering rontok? Tentu ini adalah yang menjadi pertanyaan kita semua mengapa terjadi. penyebab rambut rontok bisa datang kepada pria maupun wanita. Namun bahasan kita kali ini adalah tentang hal yang menyebabkan rambut rontok berlebihan dan cukup parah yang dihadapi wanita. Secara global untuk mengatasi rambut rontok ini telah saya bahas sebelumnya. 

Faktor penyebab kerontokan rambut

Kerontokan rambut sering dialami oleh wanita. Terjadinya rambut rontok merupakan masalah yang sangat mengganggu. Adapun penyebab kerontokan rambut adalah bermacam faktor. Rata-rata semua wanita dan pria pernah mengalami probem rambut rontok. Info yang didapati terhadap rambut rontok ini juga bisa dialamai oleh anak-anak dibawah umur. Semua tentu akan mengalami masalah ini. Keguguran rambut dianggap normal bila dalam jumlah yang tak terlalu banyak. 

Solusi  rambut rontok

Jika rontok rambut terus dan terus setiap hari terjadi tentu dapat menimbulkan kekurangan helai rambut di kepala alias kebotakan. Tentu kondisi ini berakibat wanita enggan untuk memperlihatkan wajahnya secara utuh dalam pergaulan. Solusinya adalah memang mereka menggunakan penutup rambut atau jilbab bagi yang muslim. Berikut ini adalah beberapa aspek yang  menjadi penyebab terhadap kerontokan rambut.

Faktor Penyebab Rambut Rontok Parah pada Wanita

Faktor penyebab rambut rontok pada wanita terdiri dari beberapa faktor yang setiap wanita mungkin berbeda dalam hal penyebabnya. Berikut beberapa faktor penyebab terjadi kerontokan rambut pada wanita dewasa;

Rambut Rontok saat Hamil dan Persalinan

Wanita dewasa yang sedang dalam masa hamil dan dalam masa persalinan banyak yang mengalami rambut rontok. Bahkan kerontokan yang terjadi dalam jumlah yang cukup banyak. Siklus setelah melahirkan di masa 2 atau 3 bulan berikutnya akan timbul adanya kerontokan rambut yang lumayan parah. Penyebab rambut rontok pada wanita yang sedang menyusui bayi pada kondisi ini terjadi secara alami. Biasanya beberapa bulan berikutnya rambut rontok berlebihan tersebut mulai normal dan kalaupun masih terjadi kerontokan jumlah tak banyak seperti sebelumnya. 

Sebab Rambut Rontok karena Gangguan Hormone

Salah satu sebab kerontokan rambut pada wanita adalah karena gangguan hormone androgen yang tak stabil. Hormone ini dapat menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah saat tiroid terlalu aktif atau dan kadang tidak aktif dalam memproduksi hormone tersebut. Ketidakstabilan ini yang menjadi penyebab kerontokan rambut berlebihan atau parah.

Sebab Rambut rontok karena Siklus Regenerasi Akar Rambut

Regenerasi dalam akar rambut atau pertumbuhan rambut tentu terjadi masa pergantian dalam pori-pori rambut yang sama. Sementara itu helai rambut dalam pori yang sama terjadi penambahan ukuran (dalam panjang) sekitar 2 cm hingga 4 cm tiap bulannya. Pertumbuhan akar rambut ini tiap orang berbeda tergantung dari hasil produksi hormone tiap manusia. Seperti diterangkan di atas bahwa salah satu penyebab rambut rontok adalah aktifitas hormone Androgen yang tak seimbang. Pertumbuhan rambut yang tidak normal dapat berakibat rambut rontok dalam jumlah yang cukup besar. 

Sebab rambut rontok karena penggunaan obat-obatan

Kita tentu pernah mengalami sakit dan tentu kita akan mengurangi rasa sakit ini dengan meminum obat yang dijual di toko terdekat. Bila kita meminumnya tanpa mengikuti anjuran tentu akan berakibat pada sistim imun tubuh dan kulit. Salah satu sebab lain kerontokan rambut yang parah adalah mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan. Memang ada juga obat yang tidak begitu berpengaruh terhadap kerontokan rambut.

Cara Alami Mencegah Rambut Rontok

Untuk pengobatan secara alami dapat anda lihat pada arikel sebelumnya. Coba buka di cara mencegah dan mengobati rambut rontok di halaman ini

Penutup
Demikian yang dapat kami sampaikan tentang hal penyebab rambut rontok berlebihan parah pada rambut wanita. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam mengantisipasi gangguan kerontokan rambut ini.